Wednesday, October 16, 2024

Backpacker Banyuwangi-Lombok-Bali (Part 2 Banyuwangi-Bali)

Oke, jadi setelah berpayah di Banyuwangi dan merasakan pengalaman yang menegangkan menyenangkan, kita sempet galau, antara lanjut Bali atau Lombok, secara Afina kan kudu balik cepet-cepet. Tapi berhubung Bali tiketnya lebih murah dan maybe someday Afina bisa kesana sendiri akhirnya kita mutusin buat lanjut ke Lombok. Sebelumnya Afin pun keburu beli tiket di Praya, yaudahlah sekalian.

Jadi setelah akhirnya kita terdampar di Banyuwangi, pas pagi kita langsung mandi dan caw ke stasiun. Berhubung kita posisi di Karangasem dan kalau mau lanjut ke Gilimanuk kita kudu ke Ketapang, akhirnya kita tanya-tanya transport ke sana. Dan di Banyuwangi ini transportasi umum ada, cuma jarang. Pake grab ataupun gojek ongkosnya sampe 50an. Akhirnya kita dapet info kalo ada kereta lokal -semacam pramek kalo di Jogja- dan itu baru ada jam 8an. Tadinya kita mau ke Bajulmati atau ke Bangsring, cuma karena kereta ada jam 8 pagi, dan kita ga ada bayangan nyampe Lombok jam berapa, akhirnya kita say bye-bye sama Bangsring. Sayang sih soalnya disini terkenal murah dibanding snorkel di tempat lain. Mayan deket juga kalo dari pelabuhan. Tadinya kan mau ke Bajulmati tuh kemarin sekalian dari Baluran, tapi karena keburu kecapean dan gatau posisinya tepatnya dimana jadi ga sempet juga ke Bajulmati.  Tapi kalo emang mau, tempatnya ga terlalu jauh sama Baluran. masih jalur jalan raya Situbondo lahh.

Oke akhirnya kita caw dari Karangasem. Saking takutnya ketinggalan kereta, dari jam setengah 7 kita udah nongkrong aja depan stasiun (secara penginapan kita depan stasiyn banget). Pas nanya2 eh ternyata keretanya aja bakal dateng jam 8. Galau, mau balik ke penginapan biar bisa tiduran dulu, ehtapi kunci udah dibalikin, yauda lah, kita beli sarapan sambil jaga stasiun (asli bener ngejaga stasiun, krn cuma ada kita berdua doang, bahkan petugasnya ga ada 😅😅) Akhirnya kereta pun tiba. Langsung aja kita caw naik buat ke stasiun Banyuwangi Baru. Tadinya sempet kebelet, tapi kaga ada toilet. Ada pun toiletnya di dalem pas kita mau nunggu kereta, sementara posisinya kita lagi di luar. Mau masuk, tapi ya itu, kaga ada penjaga. Terpaksa nahan2 mules aja. Eh pas petugasnya dateng, keretanya keburu dateng. Emang dasar kita ga berjodoh sama toilet. Huhu

Napa juga aku kudu bahas toilet? Ini penting gaes, demi kenyamanan perjalanan. Soalnya pas kita nyampe banyuwangi baru dan berburu toilet, toiletnya tuh udah penuh, super duper penuh diserbu mak emak yang kebelet dari Jember. Bahkan pas giliran aku masuk, baru juga 2 menit, pintu udah digedor. Dan karena si kuncinya rusak, terpaksalah pintu kebuka. Bisa bayangin ga sih, lg puas2in ngeden kemudian pintu ditabrak. Sedih akutu. Mau marah tapi posisi lagi PW. Yang diluar bahkan kagak negur sama sekali. Emak2 emang barbar kalo urusan toilet.

Oke akhirnya kita keluar dengan hati dongkol dan perut mules. Kita jalan kaki dari stasiun ke pelabuhan, jaraknya deket banget ko, cuma 5 menit lah. Kalaupun niat ke bangsring, di pintu keluar stasiun udah banyak banget mang angkot yang nawarin. Bahkan ada juga yang nawarin ke Menjangan. Sempet galau, tapi ya gimana, tekad kita udah bulat buat lanjut ke Lombok. akhirnya kita lanjut ke pelabuhan dengan mengibaskan kerudung. Di pelabuhan sini gampang banget ko masuknya, tinggal nyari jalur pejalan kaki, beli tiket, beres deh. Sebelumnya juga banyak form tersedia buat diisi biar si mbaknya gampang kalau nginput data. Trus nanti kita dapet semacam kartu kek buat naik TJ. Nanti pas mau naik kapal kartujya dikasih lagi ke petugas disana (padahal kita maunya kartunya dibawa buat kenang2an). Udah gitu, naik kapal deh. Nyebrangnya sebenernya bentaaar banget, cuma 30 menitan. Tapi nunggu kapalnya penuh itulooh. Beuh, lama! Total perjalanan laut kita kira2 1 jam, dari pas naik kapal sampe turun lagi. Bali, here we go!

Pas udah nyampe Gilimanuk, kita sempet disambut sama patung warna biru kek Krisna gitu, tp gayakin sih aku itu patung apa, boro2 mau foto, kita udah ngejar timing mau ke Denpasar. Jd cm moto patung, trus caw deh ke terminal. Tadinya kita mau ke TNBB, tp gitu, masih ga yakin. Akhirnya kita pasrah mengikuti langkah kaki berjalan. Dan pas nyampe terminal (terminal deket banget, 10 menit jalan kaki) kita langsung nyari bis menuju Denpasar. bisnya macem metro mini gitu, dan karena bareng sama banyak orang yang baru turun dari kapal, jadi ga lama nunggu. Begitu bis jalan, kita udah waw waw mulu karena banyak janur kuning. Sangkaan banyak yg kawinan, hebat bener nikahnya bisa barengan. Apa lagi ada kawinan masal gitu yak. Ehternyata lagi ada perayaan Galungan, jadi tiap rumah dipasangin janur kuning. Wkwkwkwkw. Dasar katro. Pas bis jalan, ga lama kemudian kita ketiduran. Bales dendam karena kemaren di banyuwangi menguras tenaga. Sebenernya ada juga gaes bis dari Ketapang langsung ke Denpasar, jadi tau beres aja, ga usah beli tiket kapal dll. Cuma ya bayarnya juga ekstra, sekitar 80 rebu. Kalo ngeteng jatohnya cm 56 rebu. Mayan, 24 rebu kita pake buat makan enak. Perjalanan dari Gilimanuk ke Denpasar lumayan lama. Bisa 3-4 jam tergantung kondisi jalan. Berhubung kemarin masih agak sepi, jadi kita nyampe Denpasar jam 2an. Eh, jam 3 deng. Jangan lupa juga buat sesuain waktu sama WITA. Kalo kita naik dari Banyuwangi, naik jam 10 kan normalnya nyampe Bali jam 11. Tp karena perbedaan waktu, kita nyampe jam 12. Sebaliknya, kalo kita caw dari Bali jam 10, kita nyampe Banyuwangi jam 10 juga.  Ini penting, apalagi kalo lo ikut open trip atau udah janjian sama siapa pun di Bali, krn bisa jadi kitanya kebawa selo. Kek aku kemarin, kita nyantai aja belum sholat pun, pas tau waktu udah mepet kelimpungan lah kita nyari mushola -yang mana jarang banget-. Pas nyampe Denpasar, karena waktu blm sesuain sama lokal, nyantai aja kita di terminal.

Nah, di Bali ini, Byan -kawan SMK- berbaik hati mau minjemin motornya. Sebelumnya kita sempet ketemu sih, pas ramadhan dan dia uah balik. Kebetulan dia kerja di Bali, tepatnya di Denpasar. Jadi ya sekalian nanya yang asik2 kemana, kan lumayan buat referensi yah. Eh kemudian Byan berbaik hati mau minjemin motornya buat keliling Bali. Kan jadi enak. Wkwkw secara galau juga nyewa motor di Denpasar mayan susah, pun kalau mesti ke Kuta, galau mau ke Kuta naik apa. Penyewaan motor cuma mau jemput dari bandara -diskriminasi ini namanya- dan bahkan Byan ngizinin kalau motornya dibawa ke Lombok. Kan jadi enak yah! Hahaha. Ga nyia-nyiain waktu, akhirnya dari terminal kita caw menuju Richeese. Kenapa ke richeese? Laper bo! Hahaha. Abis dari richeese aku langsung caw ke kosan Byan sekalian nyari tukang laundry, sementara Afin jaga barang di Richeesse. Sayangnya, pas mau lanjut jalan ke Lombok, hujan turun, gede banget pula. Sedihnya jas hujan cuma ada 1. Akhirnya kita nyari2 mushola sekalian sholat dan ngaso. Hujannya lumayan lama, bahkan sampe abis maghrib hujannya belum reda. Dan pas lagi sholat, cuma kita berdua aja yang sholat disitu. Sedihnyaaaaaa. Tapi ya gimana, kita sama sekali ga ada kenalan yang lagi stay di Bali, jadi terpaksa lah kita bermusafir ria. Kita nunggu ujan reda sambil nge charge badan plus hp mengingat kita mau lanjut ke Lombok. Semakin malam, semakin galau sebenernya pas mau lanjut jalan, secara kita gatau apa jalanan aman apa engga. Tapi Afin mikirnya, mending naik kapal malem, biar ga perlu keluar duit buat hotel. Entah mau ngirit apa gimana, akhirnya malem kita malah nyari oleh2 sekitar Denpasar buat Afin (secara Afin mau langsung pulang dari Lombok). Afin beli pie susu, dan pas udah dapet, kita lanjut perjalanan menuju pelabuhan Padangbai.

Kita berangkat dari Denpasar sekitar jam 8 malam. Menurut google maps, buat ke Padangbai kira2 butuh waktu sejam dengan ngelewatin bypass. Dengan modal nekat dan husnudzon kalo di Bali penjahatnya dikit, akhirnya kita memantapkan hati melanjutlan perjalanan ini, terasa sangat menyedihkan. Awalnya sih daerah kota masih agak rame lah, cuma belum biasa aja sama bau dupa dan sesajen yang tersebar, serta jalan yang lumayan membingungkan. Tapi pas udah masuk bypass, terjadilah kehororan yang horor. Jalanannya GELAP BANGET!!! SUMPAH GELAP BANGET!!! Awalnya kita mikir, oh paling semacem jalan Sukarno Hatta lah kalo di Bandung, iya awalnya gitu, tapi bayangin jalan Sukarno Hatta tanpa penerangan, sisi jalan ada laut, dan jarang banget kendaraan lewat situ. Alfa dan indo pun cuma ada di beberapa perempatan, sisanya udah mirip jalan antah berantah. Mana kita kejebak hujan (iya, hujan turun lagi), memaksa kita buat neduh yang gatau mau neduh dimana 😅😭😭😭😂😂😂 Ya gimana mau neduh, bangunan aja kagak ada. Pas udah jalan rada jauh, ada semacam bengkel gitu, dan ada satu keluarga yang lagi neduh. Akhirnya kita ikut neduh lah disitu. Eh pas kita baru nyelo bentar, keluarga tadi melanjutkan perjalanannya. Makin horor lah kita tinggal berdua di bengkel tersebut, sambil ngedoa, sambil nampak tegar, padahal dalam hati udah pengen nangis aja. Gak lama hujan berhenti. Kita lanjut lagi, eh baru beberapa menit, hujannya gede lagi. Kita pun neduh di semacam warung pinggir jalan gitu yang lagi ditongkrongin remaja2 yang mau ngadain galungan. Karena mereka bicara pake bahasa mereka, otomatis kita rada horor takutnya mereka ada niat gabaik sama kita. Jadi meski hujan khirnya kita terpaksa nembus hujan daripada horor kena tragedi yang menyeramkan. Bisa bayangin gaksih, di jalanan gelap, panjang, berliku, kehujanan, dua wanita ini nekad berlibur? Orang lain mungkin gila duluan wkwkw. Dengan kedinginan akhirnya kami tembus kegelapan malam dengan tekad sekuat baja. Begitu beres ngelewatin bypass, kita ngelewat sebuah pura yang cukup gede, dan rasanya bahagia bisa ngeliat orang banyak, walaupun pada akhirnya sepi lagi. Mana sempet nyasar pula, sekitar 4km, karena ga ada plang jelas buat belok ke arah pelabuhan. Udah horor, tapi untung google maps menyelamatkan kita dari nyasar menuju Karang Asem. Yang harusnya nyampe jam 9, kita baru nyampe jam 11 malem 😅😅 untung pelabuhan masih lumayan rame karena banyak yang mau nyebrang, jadi ga terlalu horor lah.

Pas nyampe pelabuhan, kita berdua beli tiket, harganya sekitar 125 ribu per motor. Ini keitung murah karena kalo bayarnya per orang tiketnya sekitar 75 ribu. Kalo 2 orang kan harusnya 150 ribu ya. Jadi kalo niat ingin irit, bertiga, berempat, atau berlima pun bisa jadi diitungnya semotor 😁 setelah beli tiket kapal, akhirnya kita ngantri bareng motor lain buat nungguin kapalnya merapat. Ga nunggu terlalu lama, kapal pun mulai jalan sekitar 30 menit kemudian. Penyebrangan Bali-Lombook ini lumayan lama, sekitar 4 jam dan goncangan di kapal lumayan kerasa. Beda sama pas nyebrang Jawa-Bali yang relatif sebentar dan ombaknya tenang. Di kapal suasananya nyaman, ada kursi dan kasur juga penjual indomie wkwkw. Toilet lumayan, tapi entah kenapa nafsu ingin ke toilet selalu memudar saat di kapal. Berhubung kita naik penyebrangan malam, jadi waktu di kapal kita fokus mau tidur wkwk. Meskipun ngantuk tapi rasa khawatir barang dicuri lebih besar, alhasil kita tidur ayam. Dikit-dikit bangun.

Kapal akhirnya mendarat jam 4 subuh. Berhubung kita anak baru, jadi malah planga plongo. Beruntung dekat pelabuhan ada alfamart yang buka 24 jam (sungkem dulu sama toko yang buka 24 jam). Akhirnya kita melabuhkan badan kita di emperan toko. Niat hati beli sesuatu, kita malah diskusi, mau ke gili (yang letaknya daerah utara Lombok) atau ke pantai Selatannya aja (Kuta Mandalika, Tanjung Aan, dll.). Pas lagi asyik diskusi, ternyata ada bapak2 juga yang ngobrol disitu. Mereka heran dong, kita bawa motor plat D, gadis berduaan, subuh aja belum udah berkeliaran. Akhirnya ditanyainlah kita mau kemana, ngapain, darimana. Sempet kaget juga sih pas tau kita dari Bandung, dan bawa motor dari Bali. Tapi alhamdulillah bapaknya ga berniat buruk. Sempet nyesel juga udah ngorbol terlalu jujur sama orang, karena kan kita gatau niat orang mau ngapain kan. Tapi justru karena kita jujur, salah satu bapak tadi mengabari cuaca di Gili Trawangan yang katanya lagi ada ombak agak besar. Selain itu, beliau juga menawarkan untuk menunjukkan mesjid terdekat yang aman buat kita singgah dan istirahat. Akhirnya kita ikutlah petunjuk bapaknya, sholat subuh bebenah, dan istirahat dulu disana sebelum melanjutkan perjalanan. Bapaknya sempet nawarin buat mampir, tapi sayangnya kita terlalu maluu jadilah kita diem aja di mesjid sampai agak terang heheh. Alhamdulillah perjalanan kita masih diiringi orang-orang baik, Terimakasih ya, sehat selaluuuuu.
Next part 3 yaaaa.

Friday, August 10, 2018

Backpacker Banyuwangi-Lombok-Bali (Part 1 Bandung-Banyuwangi)

Hai. Udah lama banget sih ga nulis. Nulis biasanya cuma niat aja, sesudahnya lapur. Kadang ketak ketik di wps tapi ujung2nya baru setengah udah ga mood lanjutin. Tp kali ini berhubung ini adalah perjalanan yang menyiksa diri dan sungguh sangat berkesan, rasanya pengen banget nulisin ini. Siapa tau yekan bisa jadi referensi barangkali ada yang kurang budget atau apa mau liburan ke Bali atau Lombok tp gatau caranya gimana, ya aku bagi-bagi deh cerita kemarin sekalian budget yang aku keluarin buat trip kemarin.

oke, jadi Banyuwangi itu bener-bener udah jadi impian bertaun taun lalu, tp karena tempatnya nun jauh di ujung pulau Jawa, dan ga ada yang mau bersusah payah kesana, jadilah Banyuwangi ini mimpi yang sulit jadi nyata *halah* tapi setelah racun sana racun sini, ada juga yang mau nemenin trip kesana, yaitu Afina. Afina ini kind of people yang kemana mana enaknya sendiri, suka caleuy sendiri juga *samaan lahya* dan pas aku ajakin jalan dengan apa adanya dia mau, akhirnya kita rencanain lah perjalanan kita. Karena budget kita juga agak terbatas buat liburan, akhirnya kita mutusin buat naik kereta ke Banyuwangi ini. dari Bandung ke Banyuwangi itu kurleb butuhin waktu sekitar 27 jam. oyah, kita berencana liburan ini pas libur kerja agak panjang, yaitu pas lebaran. Ga mudik? Aku gapunya kampung huhu *sad* Berhubung tiket kereta di waktu tersebut diburu banyak orang, kita sampe mesen tiket kereta 3 bulan sebelum berangkat. Niat banget kan ya 😅 sebenernya ada cara gampang dan cepet ke Banyuwangi, yaitu naik pesawat, tapi berhubung budget terbatas, ya. Yasudahlah~

16 Juni 2018

Oke kita start perjalanan dari Bandung. Dari Bandung ini kita caw pas hari kedua lebaran. Karena kereta kita kereta ekonomi, so kita berangkat dari Stasiun Kiaracondong menuju Jogja. Kita naik kereta Kahuripan jam 18.10 dan tiba di Jogja sekitar 02.30 di Lempuyangan. Di hari pertama ini, pengeluaran aku cuma:
Tiket Kahuripan 84.000+7500 (administrasi)
Makan di kereta 20.000 (lupa bawa bekel 😅)
Air, permen, 15.000
Total 126.500

17 Juni 2018
Di Jogja kita transit dulu di rumah eyangnya Afina sekalian berniat mandi dan silaturahmi *heheh* kita naik go car dan pas nyampe disana untungnya bapaknya yg bangun dan mau bukain pintu buat kita berdua wkwk. Trus kita ngobrol2 rencana perjalanan sama eyang dan bibi dan bapaknya juga. Jd karna Afina masuk duluan dan gadapet tiket balik kek perjalanan awal, dia rencana transit di Malang pas dari Bali, sementara aku lanjut ke Lombok. Dan ya akhirnya ditanya juga kitani, secara ortu kan pasti khawatir ya. Emak akupun mantau status dan chat tiap hari nanyain anaknya yang lucu ini udah dimana dan kapan balik 😅 abis ngobrol-ngobrol kita berdua nyari sarapan lah pake motor sambil keliling, dan ga terlalu jauh kita nemuin tukang gudeg yang dirubung sama manusia manusia kelaperan. Berhubung kita anaknya sabar, pas ada emak emak yang mau pesen yaudahlaya kita ngalah. Eh gataunya si emak ini pesen makanan udah kek mau borong gudeg sama mas2nya sekalian. Dan kita baru ngeh waktu kita udah dikit lagi. Akhirnya niat mandi hanyalah niat semata. Kita pesen 2 porsi gudeg, 1 dimakan disitu dan 1 lagi buat bekel di kereta. Kita gatau bahwa penyesalan selalu datang terlambat *lah?* selesai sarapan, kita liat jam udah jam 6, langsung balik lah kita dan buru2 beberes karena kereta kita caw jam 7 😥 berhubung udah agak telat, omnya Afina sama bapaknya berbaik hati nganter kita ke stasiun. Kita pun dibekelin apel buat cemil2 ntar di kereta. Untungnya pas nyampe stasiun kita masih punya waktu 15 menit buat ngatur nyawa *halah* sesudah pamitan, kita pun masuk kereta Sri Tanjung dengan jurusan Lempuyangan-Banyuwangi Baru. Jam 7 tepat kereta berangkat. Berhubung malem sebelumnya aku dan Afina belomtidur, kita berasumsi bahwa di perjalanan kali ini kita bakal ngantuk. Ehtapi ternyataaa mata kita gabisa merem sama sekali. Dan belom2 kita udah kelaperan, padahal bekel kita cuma 1 bungkus nasi dan apel doang. Oya, kereta Sri Tanjung ini menempuh perjalanan selama 13-15 jam kalo delay. Dan kita gapunya makanan *bhay* Niatnya sih mau beli makanan di kereta soalnya lapernya tak tertahankan, tapi hati nurani rasanya ga ngizinin mengingat budget yang terbatas dan makanannya yang cuma sedikit. Pas transit di stasiun surabaya sebenernya kita niat nyari makan sih, cuma karena ini pertama kalinya kita naik kereta sri tanjung dan gatau sampai kapan kereta berhenti
karena takut ketinggalan akhirnya kita diem aja di kereta. Padahal orang2 pada jajan dan nyari makan gitu di luar, yah inilah akibat malu bertanya kelaperan di jalanan. keretanya sempet delay sik di Nganjuk sampe 45 menitan karena di stasiunnya lagi ada perbaikan *katanya* dan ini berimbas pada kedatangan kereta yang harusnya brenti di stasiun Karangasem jam 8 malem, malah nyampe jam 8.45 hiks. 7 jam daku menahan lapar~ Oya, kita brenti di stasiun Karangasem karena kita niatnya ke Banyuwangi dulu dan tujuan utama kita yaitu gunung dan kawah Ijen, Danau Bajulmati, sama TN Baluran. Di stasiun karangasem ini kita mampir ke rumah singgah Banyuwangi. Aku dapet kontaknya kang Rahmat dari postingannya Pranata Andri (https://m.kaskus.co.id/thread/5566e6f8d89b09b85f8b456b/fr-field-trip-report--baluran-menjangan-lombok-banyuwangi-march-april-2015/) mayan lah. Sampe rumah singgah kita dapat kamar sekadarnya buat mandi, istirahat, dan diskusi mau kemana jadinya. Tp berhubung kita udah fix nyewa motor, kita lanjutin aja rencana kita ke Ijen malam itu juga. Sebelumnya kita tuntaskan kelaperan kita di warung sekitar dan berhubung mau nanjak Ijen, sekalianlah aku beli kopi, karena tidur di kereta itu ga nyaman dan banyak kebaaangunnya. Kalo dihitung sejak dari Bandung cuma bisa tidur 3 jam. Darupada ntar ngantuk di jalan kan mending ngopi napa ngopi. Setelah itu kita pun ganti baju dan sholat
Pengeluaran:
GoCar 15.000/2 =7500
Makan gudeg+bekal 22.500
Makan malam+ngopi 15.000
Total pengeluaran 45.000

18 Juni 2018
Oke, jadi tepat jam 00.00, kita caw menuju pos Paltuding. Sebelumnya ada mas-mas juga yang ikut, karena kita cewek berdua sih, walaupun jalannya relatif aman, tpai lumayan nyeremin juga sih. Dan entah kita terlalu cepet atau apa, tapi tau-tau pas noleh ke belakang udah gaada siapa-siapa. Horor kan ya, tapi kita juga gamungkin banget buat brenti di tengah jalan gitu aja. Akhirnya aku kebutin lah motor, sampe akhirnya nemu kendaraan lain. Sebetulnya alesan ngebut lebih dikarenakan terlihatnya sekelebat... ah udahlah, takut sama kek gituan ga level di tahap lo masih pake motor dan bisa kabur wkwk. Sebelumnya kita nyampe di pos pungutan warga gitu, kita bayar sekitar 10 rebu buat retribusi desa. Udah gitu kita lanjutin perjalanan. Aku pikir deketlah ya, taunya jauh bangeeeeeeeeeetttttt. Pake motor sekitar 30 menitan lah, itupun dengan jalan yang cukup berbatu, sama sekali GA ADA penerangan, dan dingin yang nusuk. Awalnya gapake sarung tangan gitu kan, secara adem rasanya kena angin, dan ternyata itu kesalahan yang sungguh sangat FATAL. Tangan gabisa ngerem saking KAKUnya dan dingin. Mana aku lupa kan ya gabawa sarung tangan, soalnya cerita2 kan daerah timur cuacanya biasa panas, akhirnya sampe pake kaos kaki buat nutupin tangan. Tapi karena aku yang bawa motor, akhirnya Afina berbaik hati minjemin sarung tangannya, dan dia yang make kaos kaki. wkwkkw. Untung aku tetep bawa si jaket gunung. Kalo engga, yasalam.

Pas nyampe di pos pendakian sempet rada kaget juga sih, kirain bakal rada sepi gitu ya, secara ini kan libur lebaran, taunya PENUH gaes! Udah kek pasar aja. Dan ternyata di Ijen tiap hari kek gini ngahaha. Banyak juga wisman dan alay lainnya. Trus kita beli tiket masuk dan taraaa. here we go.

Awalnya baca2 review tentang trek Ijen keknya ga sesulit trek gunung paling mudah sekalipun. Eh ternyata! Emang kaga susah sih! ngahahaha. Tapi kalo liat kondisi sebelumnya, yakaliaja ngomong gampang! Kita udah mateng di kereta selama kurleb 27 jam, kelaperan, tidur cuma 3-4 jam, dan tengah malam tadi udah ngangin lagi aja tanpa sempet tidur karena takut ga kebagian liat si blue fire yang katanya cuma ada 2 di dunia itu. Tadinya sempet mikir buat nunda, tapi karena kita ngejar ke Lombok  jadilah kita ikut plan awal. Dan trek ke kawah sebenernya ga terlalu sulit. Jalannya udah cukup bagus, dan kalo ngerasa cape ada ojek gerobak yang dikelola warga. Trus karena banyak bonusnya sih ya aman lah. Cuma Afin sempet mabok juga karena masuk angin. Udah khawatir aja akutu kalo plannya sampe batal. Tapi untungnya Afin STRONG! Abis kesakitan2 sebelumnya malah gue yang giliran tepar pas menuju blue fire. Karena yang bikin nyiksa itu trek menuju ke blue firenya itu. Liat banyak orang berkerumun dan banyak yang kesana bahkan ada emak-emak juga awalnya aku pikir kan treknya gampang lah. Dan si mamang yang nawarin masker pun kek enteng aja ngomong, aman kok asal hati-hati. Eh ga taunya, si treknya berbatu dan terjal. Jalannya curam. Lebih parah dari trek awal. Aku udah mau nangis aja itu, sampe sempet nanya ke diri sendiri, aing ngapain sih disini. Ngahaha. Dan pas nyampe blue fire boro-boro bisa moto, penuh beud! Tapi ya itu lah perjalanan, bukan tujuan yang ga sesuai ekspektasi tapi perjalanannya itu yang banyak rasa. Eaaa

Beres kita nangis darah sampe balik lagi ke pos awal, kita ngaso dulu sekitaran situ sambil galau mau kemana. Antara laper dan ngantuk akhirnya kita mutusin buat jalan dulu sekalian nyari tempat makan. Pas nyampe pos warga kita muter daerah situ kan nyari makanan, eh taunya warung2 pada tutup. Kita ga ngeh kalo orang2 juga mungkin lagi libur ya. Tapi untungnya ada tukang baso yang buka. Makan lah kita disitu. Sampe nambah malah, saking lapernya. wkwkkw. Abis makan pas kita cek ternyata baru jam 9.30. Galau lah kita karena terlalu cepet dan bingun mau kemana. Mau nyari penginapan buat naro keril galau juga. Saking pusing dan capenya akhirnya kita numpang tidur di mushola yang kaga kepake di deket pos. Dan kita ketiduran dengan kondisi mengenaskan :D

Sesudah tidur darurat tadi akhirnya kita mutusin buat ke Baluran. Itupun dengan males dan berhenti dimana-mana. Bahkan kita istirahat lagi di satu mesjid dan mandi serta leyeh-leyeh dulu di situ. wkwkw. Pas ngeh jam udah sore akhirunya kita kebutin ke Baluran.

Penampakan pertama masuk gerbang Baluran ternyata ga separah yang dibayangin. Tempatnya rapi, udah beres lah, mungkin karena udah jadi tempat wisata juga sih. Paling peringatan dari penjaga sih banyak banget monyetnya. Dan emang iya, deket pos aja monyet-monyet udah berkeliaran. Kita pun mesen tiket dan lanjuta jalan menuju Savana Bekol karena udah sore. Dan jalan menuju savana itu, ah bonus banget lah, untung aku make motor rentalan. Jalannya berbatu. Non stop. Sedih banget akutu. Jarak dari gerbang ke savana kurleb 8-9 kilo an tp kita tempuh dalam waktu 45 menit gaes. Jalurnya sih ada, tapi batunya itu loh, ga nahan. Jangan harap bisa majuin kendaraan di atas 40 km/jam. Bhay! Pantat udah tepos, badan pegel, dikasih lonjakan pula. Ada bonus ketemu banteng, monyet, dan rusa juga di perjalanan (kalau kalian beruntung). Yasalam. Emang salah ini itinerary dan nyepelein Banyuwangi. Hiks!

Etapi, perjalanan itu bener2 worthed dengan apa yang menanti kita di depan. Sebelum savana bekol itu kita ngelewatin evergreen, semacam kawasan hijau gitu yang kece buat foto. Tapi karena masih jalur biasa dan orang2 fokus menuju bekol, jadinya gabisa futu2 lucu disitu. Yaudin kita lanjut ke Bekol. Sesampainya di Bekol sih ada penginapan, monyet (lagi), rusa, banteng, petugas, pengunjung, dan tentunya si padang rumputnya. Aaaaaaakkkk. Berasa bahagia gitu, nemu pemandangan kece badai gini. Lunas rasanya dikasih jalan berbatu sepanjang perjalanan. Sampe rasanya gamau pulang haha. Tadinya kita berniat nginep disini, tp tanggal yg kita mau full booked. Dan pas mau lanjut ke pantai Bama ternyata eh ternyata waktu udah jam 5 lagi aja. Terpaksa kita caw biar ga kemaleman juga secara rada creepy gitu kan ya di jalan bebatu, hutan, dan gelap. Bahkan Fina sih ngakunya liat semacam prnampakan. Tapi gue sebagai yg nyetri berusaha positif thinking aja dan meracau kagak jelas demi mengusir kesepian (dihati) ini.

Pas pulang kita masih galau mau tidur dimana haha dan berhubung kita blm mkan, akhirnya kita nyari makan dulu. Maunya sih icip2 kuliner, tp wktu udah malem banget dan kita juga ngejar kereta pagi buat ke banyuwangi baru, akhirnya kita makan di rawon yang ga terlalu jauh sm tempat inepan. Rawonnya enak sih, mayan murah pula hehe. Abis gitu kita mutusin buat nyewa kamar aja di kang Rahmat. Tadinya mau di kamar yg sebelumnya kita tempatin, tp kita pgn istirahat yg nyaman. Lgian harga kamarnya cuma 100 rebu dgn isi 5 bed. Berhubung kita cm berdua jd kita patungan 50 rebu. Mayan lah, drpd gabisa tidur. Sebelumnya kita mau keliling lagi krn udah ngisi bensin full dan sayang kalo ga kepake, tp Afina begitu nyampe penginapan langsung tepar 😅 dan karena ogah nyasar serta keadaan hp yg mengenaskan krn gabisa dicas, akhirnya aku milih mandi, repack ulang, dan tidur juga 😁



Wednesday, December 30, 2015

Ada Satu

Suatu larut malam, kubilang dan kuputuskan untuk pergi. Mencari pengalaman dan menutup buku yang memang seharusnya aku tutup jauh sebelum aku memutuskan ini. Memutuskan untuk mencari dan membuat ruang baru yang aku tahu, telah lama siap dan menunggu aku siap.

Kuputuskan untuk memulai lembaritu, dengan bekerja di bidang yang sama sekali tidak pernah ku tahu bahkan kutekuni. Traveling. Aneh, bukan? Tapi sebagai anti mainstreamis gagal, bagiku tak ada salahnya belajar dan mencoba. Memahami setiap langkah yang kita pijak bukan kesalahan, kan? Salah langkah merupakan ssalah satu cara untuk membuat hidup ini indah. Begitu banyak yang Tuhan isyaraktan Ia beri tapi lagi-lagi aku lupa mengambil makna.

Awalnya, terjun ke dunia yang aku tak tahu, yang kubutuhkan adalah belajar, belajar, dan belajar. Membaca setiap langkah ttaveler merupakan suatu cara untuk memahami, apa yang aku, dia, dan mereka cari dalam setiap perjalanan ini. Sekedar lari sejenak? Mencari jati diri? Pengalaman? Teman baru? Menuntaskan janji? Bagiku semuanya. Aneh memang, aku, yang bukan siapa-siapa dan jarang sekali melakukan traveling, kerja di bidang ini. Sok sekali, bukan? Untuk mengimbangi itu, kucoba so tau dan belajar solo travel. Kenapa? Belajar menikmati dan mencari apa yang dicari diri ini merupakan satu cara menghargai betapa perjalanan ini merupakan tapak tapak yang harus selalu kita lalui. Langkah awal, destinasi yang aku putuskan adalah Jogja. Kenapa? There's someone who help me to know this city. Dan bagiku, untuk apa belajar tersesat terlalu jauh di pengalaman pertama? Yah minimal mencoba mencari chemistry dengan orang baru akan lebih menarik untuk saat itu. Lagipula terbatasnya budget dan waktu membuat ketersesatan sungguh tidak lucu. Belum lagi ancaman penjahat dan pencurian (lebay) yang mengintai. Hahaha

Dan, ternyata, perjalanan yang aku lakukan, meskipun sendirian, ditemani seseorang yang bahkan baru kenal pun memperlakukan aku seakan teman lama, kembali membuka pikiran, bahwa, masih banyak hal mengasyikkan di luar sana yang patut aku syukuri. Setidaknya aku tak lagi diam termangu memikirkan kamu. Begitu banyak cerita tentang kawan satu ini yang diam diam membuat aku kembali mempertanyakan rasa yang dulu hilang.. menariknya, dalam waktu singkat itu, seakan ada chemistry tentangnya yang membuat aku nyaman. Betah. Seperti (yang sudah kubilang pada dirinya) tutup botol yang menemukan botol yang tepat. Klik. (Dia berkeras bahwa bunyinya haruslah pop). Tak apalah. Setidaknya aku menemukan satu. Satu (dan semoga) untuk selamanya.

Monday, November 16, 2015

Wanita Luar Biasa

Tepat di tanggal ini, 49 tahun lalu, seorang wanita luar biasa, lahir. Yang dengan gigihnya memperjuangkan kami, anak-anaknya, agar bisa berkembang dan hidup nyaman. Agar sensntiasa tercukupi, walau aku tahu, kadang hatinya senantiasa terluka dengan sikap kami kepadanya.

Padahal aku tahu sendiri, dari setiap cerita yang terus diulangnya, bahwa dia, dahulu, terus berjuang, dalam lelah, hingga payah, membanting tulang dan mengorbankan masa kanak-kanaknya, untuk dapat hidup layak. Supaya bisa bersekolah dengan baik, supaya adik-adiknya tidak malu seperti dirinya dahulu, yang ketika sekolah, menggunakan seragam yang sudah lusuh, sepatu yang sudah jebol, kaus kaki yang sudah melorot, kekurangan buku pelajaran, bahkan seringkali dihukum karena telat membayar SPP.

Namun semangatnya tak pernah surut. Walaupun banyak dicerca, tekanan datang menghampiri, semangatnya tetap membara. "Biarlah saya seperti ini. Nanti, adik-adik saya, tak perlu merasakan apa yang saya rasa.". Dan semangatnya makin terpompa untuk membuktikan, bahwa, dengan kondisi serba kekurangan, dirinya bisa sukses. Bisa mandiri, bahkan menyokong kehidupan adik-adiknya. Walaupun harus bersusah payah menjadi SPG (Sales Promotion Girl), mengerjakan tugas prakarya temannya, menjadi kuli di salah satu pabrik sabun, dan membantu ayahnya berjualan hingga larut petang.

Begitu pulalah dia memperjuangkan kami, anak-anaknya. Tak pernah surut, malu, ataupun menyerah. Saya masih ingat dahulu, saat dia mendaftar menjadi guru bantu. Kurang lebih seminggu setelah kelahiran anaknya yang ke-4, dia pulang dengan wajah berbinar, mengumumkan bahwa dirinya terpilih menjadi guru bantu. Tak kurang rasa bangganya, meskipun honor yang dia dapat belum seberapa. Dan saya menyaksikan, bagaimana sulitnya proses dia untuk menjadi PNS seperti sekarang. Dengan menjalankan tugasnya sebagai ibu rumah tangga, guru, dia masih sempat untuk kuliah dan menyelesaikan studinya di bidang kependidikan. Tak pernah kurang rasa bangga saya padanya. Dia, wanita luar biasa yang pernah saya kenal.

Dan apa yang dilakukannya untuk kami, anak-anaknya, tak pernah ia lakukan setengah-setengah. Dimasukkannya kami ke sekolah yang sesuai. Dipenuhinya kebutuhan kami, dengan mengorbankan semua waktu luangnya dan berjualan baju, sesuatu yang kami sendiri engga melakukannya. Dikerjakannya pekerjaan rumah dan membuat kami semua nyaman adalah prioritasnya.

Dan hari ini, di hari kelahirannya, tak banyak yang ingin aku sampaikan sebagai rasa kagumku, rasa banggaku, rasa terima kasihku. Hanya, lagi-lagi sebaris do'a, yang kuharap Allah senantiasa bosan dengan do'a ini, untuk wanita luar biasa ini -semoga kami, anak-anaknya tak pernah abai dan lupa memanjatkan syukur atas hadiahNya yang selalu luar biasa-.

"Semoga Allah memberkahi usia dan semua kerja keras mamah. Barakallah Mah, sehat selalu dan terus semangat. Menebar kebaikan tanpa mengharap balas, semoga apa yang mamah harapkan dari anak-anak mamah tercapai. Semoga mamah senantiasa diberikan kesehatan, kelancara, rezeki yang banyak, serta kebaikan hidup dunia dan akhirat."

Tuesday, October 6, 2015

Karena Luka, Iya, Namanya Luka

Ada satu tulisan, yang saya temukan di tumblrnya satukatasaturasa. Begini isinya:


Luka Tetaplah Luka
Entah apa yang dia pinta,
tatkala kesunyian menggetarkan duka,
seperti sedang merahasiakan kata-kata;
merapal segala luka, yang tak sempat diucap oleh doa.
Dibesarkannya kanak-kanak kenangan dengan derai air mata ketabahan,
tanpa pernah menghitung waktu, bertahan dari kesepian yang membatu,
tanpa pernah menanyakan; apakah hari esok sudah waktunya selesai dari perayaan duka?
Sementara bayangnya berbisik;
…hai, apakah kesunyianmu masih menuntut cinta yang dulu kembali ada? cinta yang barangkali tidak memiliki kesalahan apa-apa. Namun, begitu nyeri ketika merisik-risik di sudut dada.
Serang, 22 September 2015
Tatkala kata-kata tak mampu merangkum duka gelisah kesunyian

Source: http://satukatasaturasa.co.vu/post/129591361877/luka-tetaplah-luka



Luka yah? Kemarin-kemarin sempat belajar juga tentang rasa, bareng temen yang juga sedikit terluka. Dan ini mungkin tak akan pernah habis terbahas. Kenapa? Karena setiap duka dan luka adalah perjalanan yang menandai bahwa kita telah berjalan, telah memiliki tujuan, dan mencoba peruntungan melalui suatu jalan yang akhirya menimbulkan luka. Dan hadirnya luka, terkadang memaksa kita berhenti.

Tapi sejatinya, satu, dua, tiga kali luka yang sama, akan membuat kita menambah kepekaan, bahwa luka seperti ini tak perlu terulang lagi. Karena kalau terulang lagi, kita tidak pernah berjalan maju, tapi membiarkan kita tetap ada dalam pembelajaran yang sama. Padahal manusia adalah makhluk yang memiliki akal pikiran dan mampu menarik hikmah dari setiap kejadian yang telah dialaminya.

Lantas, hey anak muda! Jangan, sekali-kali jangan mencoba hal yang sama pada subjek yang sama berulang kali! Ngerti lah yah maksudnya apa. Barangkali kamu, kurang gaul, atau kurang belajar, pada intinya, hal tersebut buang-buang waktu. Padahal waktu kita sebaiknya digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat daripada mencoba mengulang kesalahan yang sama.

Nangkep intinya? Selamat. Ga nangkep apa intinya? Yassalam.

Sebelum selesai, ada satu puisi dikutip dari salah satu CS saya (Ian Saftani) yang ketje badai tulisannya dan ngena banget, buat cerita hati yang katanya luka. ENJOY!

Hati
Kadang aku ingin bicara padamu hati ke hati.
Tapi malu.
Hatiku tak bagus lagi.
Luka dimana-mana.
Sayat disana sini.
Isinya pun kopong.
Jadi tak ada yang bisa kuberi,
Kecuali kau sudi obati,
Perbaiki,
Lalu isi.
Makassar, 23 Maret 2012
Source: https://www.facebook.com/notes/ian-saftani/hati/10150641133279915




Friday, October 2, 2015

Ngaco 1

Bukankah rasa sakit karena dikhianati berbanding lurus dengan rasa harap keinginanmu untuk memiliki? Jika tak mampu melepaskan, itu berarti hatimu belum dewasa menyikapi keadaan bahwa cinta ialah memilih yang terbaik. Lalu saat orang yang kamu cinta tidak meyakini dirimu terbaik haruskah memaksakan kehendak?
Dikutip dari islampos.com

Satu paragraf yang kemudian menghentak batin. Well, sebenarnya sudah sering kutemui kalimat atau paragraf bernada serupa, tapi tetap tak memberanjakkanku dari masa lalu. Mungkin memang sakit, tapi dipikir-pikir, cape juga yah terus berada dalam keadaan seperti itu, peduli tapi berpura-pura tidak peduli (eh apasih). Intinya dari beberapa referensi tulisan (well sebenernya ga gitu juga sih) aku mutusin untuk mulai menyembuhkan luka lama #halah.

Berangkat dari niat tadi, aku mulai mutusin, apa yang harus dilakuin di awal? Well mungkin awalnya ga jelas yah, yang aku lakuin adalah bikin tujuan. Yep. Lalu bikin resolusi tahunan. Yep. Dengan sibuknya mencari kesibukan dan mencapai tujuan, finally sedikit-sedikit aku mulai lupa apa itu sakit. Setidaknya aku mulai menyembuhkan apa yang dulu pernah terjadi dan belajar menerima.


Mungkin kedengerannya sok tau yah, tapi kalau punya tujuan dan percaya bahwa yang terbaik will come true, gak bakalan tuh ngabisin waktu bergalau ria nangisin dan mengingat kenangan apalagi mempertanyakan apakah dia masih cinta atau tidak. Kita bakalan focus dan berusaha mengejar mimpi. Dan buatlah mimpi itu jadi mimpi terliar kamu, dan kamu yakin suatu saat dengan perbaikan kualitas diri serta pengalaman yang kamu punya, the precious one bakal datang dengan sendirinya. Iya kan?

So, here my wishlist (yang kedengerannya ga lucu banget, standar buat orang lain, dan masih monoton). Tapi aku percaya, ketika bikin mimpi yang terlalu tinggi di saat keadaan aku masih merangkak, hal itu ga bakal bantu aku berlari dan konsisten, tapi bikin aku berlari, lelah, lalu kembali flashback. Dan aku berusaha untuk menghindari itu. So, this is my lebay and low dream yang ga banget:

1. PPL di SIN (Sekolah Indonesia Singapura). Tapi ini gagal karena ternyata eh ternyata program PPL ini ga masuk buat prodi PGSD (padahal disana ada SD juga kan). Padahal udah ikut tes di prodi sampe harus praktek ngajar di depan kaprodi yang baik (galak kata yang lain) banget tapi udah ditahap situ baru dikasih tau ga ada PPL di luar. Yasudahlah. Bhay. Mungkin jalan ke luar negeri belum jadi di wishlist yang ini.

2. Lulus bulan Agustus. Well sebenernya lebih ingin wisuda di bulan bersangkutan tapi gosip ada gosip ternyata diundur jadi September. Daaaan sedihnya aku sidang bulan Juli, telat 2 hari dari bulan Juni akhir sebagai syarat wisuda September. So, Dari Juli akhir juga udah lulus cuma teuteup kebagiannya Desember. Kan KZL. GMZ. ZBL. Tapi yasudahlah. Kan bisa jadi sarana dan perpanjangan waktu buat nyari pendamping wisuda #eh.

3. SM3T. Ini sebenernya fokus dari awal semester 6 sampe sekarang. Cuma yang sulit adalah izin. Yep. IZIN ORANGTUA. Sebagai Princess Cetar Membahana di rumah, orrang tua sepertinya susaaaaah amat ngasih izin anak cewe yang ini buat pergi jauh. Soalnya kalo pergi jauh nanti di rumah ga ada yang beresin. Dan untuk impian ini cuma bisa maksa dan rayu-rayu ortu, soalnya kalau taun ini udah gabisa daftar juga sih.

4. Travelling. Kalau yang ini udah mulai dilakonin sedikit demi sedikit tergantung dana yang dimiliki. Tapi untuk diceritain disini nanti kepanjangan maka aku skip. Pre-Memori.

5. Dan list lainnya masih rahasia. Ada sih yg udah kecapai beberapa tapi ga lucu ah kalo diceritain semua disini. Nanti ada yang kepo dan ledekin kalau ga kecapai

Demikian salah satu cara saya, melupakan kamu. Yah ga tepat sih lupa, wong saya bukan pelupa. Tapi maksudnya menyembuhkan luka hati. Eh udah ah mulai ngaco. Gitulah intinya kenapa aku berniat ngelanjutin nulis tulisan yang ga penting ini cuma buat nuntasi kepatahhatian. Semoga bermanfaat! Engga juga gapapa sih ah udahlah..

Tuesday, September 29, 2015

Gina is Back!

Halooo

Lama rasanya keluar dari tulis menulis curhat mencurhat (yang asalnya juga jarang sih). Tapi dipikir-pikir, apa yang terjadi, apapun, haruslah meninggalkan jejak, right?

So, i'm back!

Tapi tulisan kali selanjutnya akan jauh dari awal kali yah? Yah terserahlah, sekali lagi, i'll be back to write, but maybe it will be frequented. Yang penting ada. Gitu aja.

Karena sekarang lagi jam kerja, betewe, gabisa nulis panjang lebar kali yah, sekedar notice, mungkin dibaca juga engga, tapi yaudahlah, iseng doang ko. Hahaha

Baiklah, selamat sore, selamat bekerja, selamat bahagia!